Thursday, March 13, 2008

Tes Dominasi Otak

Mengetes Dominasi Otak Kanan atau Otak Kiri

Putar Otak Kanan otak Kiri


Saya mendapatkan gambar ini dari www.news.com.au/heraldsun/, trus saya undang teman-teman untuk melihat gambar ini. Apa yang terjadi? Bener-bener tidak masuk akal. Teman yang satu bilang gambar siluet cewek mutar ke kanan, teman satunya lagi bilang mutar ke kiri, teman yang lainnya lagi bilang muternya bolak balik mutar ke kanan mutar ke kiri trus mutar ke kanan lagi. Sampek terjadi perdebtan yang sengit dan tidak akan pernah selesai. Aneh banget memang, soalnya aku pelototin gambar tersebut sampek kepalaku pusing, tetep aja siluet cewek itu muter ke kanan terus. Akhirnya ya udah lah nggak perlu dipermasalahkan, karena memang ada pepatah "kepala boleh sama hitamnya, tapi isinya belum tentu sama". Jadi jangan berantem kalo beda pendapat masalah gambar ini. Bukan maksud hati untuk memancing perbedaan pendapat dalam hal ini. Oke.........?

Konon, sebagian besar cowok lihatnya gambar ini muter ke kanan (searah jarum jam). Tetapi yang cewek sebagian besar melihat gambar ini muter ke kiri (berlawanan arah jarum jam).

Dikatakan juga kalau beberapa orang bisa mengganti sudut pandangnya, sehingga kadang bisa melihat dia berputar ke kanan, dan kadang dia berputar ke kiri.

Menurut penelitian, jika kita melihat siluet cewek itu berputar ke kanan, berarti otak kita yang dominan adalah otak kanan, jika melihatnya berputar ke kiri berarti otak kita dominan kiri. Benar atau tidak jangan salahkan daku, tanyakan aja pada dirimu sendiri..

Tapi setidaknya mungkin anda bisa baca penjelasan berikut tentang bagaiman jika otak kanan kita yang dominan, vice versa.. :

LEFT BRAIN FUNCTIONS
- uses logic
- detail oriented
- facts rule
- words and language
- present and past
- math and science
- can comprehend
- knowing
- acknowledges
- order/pattern perception
- knows object name
- reality based
- forms strategies
- practical
- safe

RIGHT BRAIN FUNCTIONS
- uses feeling
- "big picture" oriented
- imagination rules
- symbols and images
- present and future
- philosophy & religion
- can "get it" (i.e. meaning)
- believes
- appreciates
- spatial perception
- knows object function
- fantasy based
- presents possibilities
- impetuous
- risk taking

2 comments:

Anonymous said...

Duuh susah amat mau leave comment! Word Verification terus nih..mana susah2 lagii sampe melotot liat huruf2nya :-(

Anyway by the way busway (hehe..)
I like your articles. You know what, I also like this kind of "psychology" articles. I like the way they analyze our personality or the way we think by some interesting pictures.
So...it's really a good article!

Unknown said...

Hehe, keren banget gambarnya..
Ag bisa lihat dia mutar searah jarum jam, berlawanan dan bolak-balik..